Skip to main content

Dinas Tenaga Kerja Sosialisasikan Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja Hingga Magang Ke Jepang Dan Korea


Sosialisasi Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja Tahun 2018, Jum’at (26/01).

 

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah menggandeng Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri fasilitasi Sosialisasi Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja Tahun 2018, di RM. Alami Sayang II Ngadirojo, pada hari Jum’at (26/01). Sebanyak ±100 undangan yang hadir mayoritas berasal dari Kecamatan Selogiri. Selain itu, beberapa siswa SMK Gajah Mungkur, PGRI 2, dan Daya Wangsa juga nampak serius saat mengikuti sosialisasi tersebut.

Sosialisasi peluang kerja seperti ini bukanlah kali pertama di Wonogiri. Pasalnya, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri sudah sering melakukan kegiatan serupa. “Sosialisasi seperti ini di Wonogiri sudah sering, tiap tahun biasanya kami melakukan di lima kecamatan dan lima sekolahan,” ungkap Swari, Pengantar Kerja Bidang Penempatan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri, saat ditemui dilokasi kegiatan sosialisasi. Namun, lanjut Swari, khusus sosialisasi hari ini difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah. “Kami hanya membantu teknisnya saja,” imbuhnya.

Swari, Pengantar Kerja Bidang Penempatan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri (kanan). Teny Diliana Yuliastuti, petugas dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah (kiri).

Saat ditanya intensitas sosialisasi lowongan pekerjaan, ia mengatakan bahwa sosialisasi juga ia lakukan dengan menggunakan media sosial. “Follow twitter dinas saja, ini alamat twitternya @disnakerwngr karena saya sering upload lowongan disitu,” terang Swari, sembari menunjukkan twitter yang dikelolanya. Pihaknya juga menambahkan bahwa warga Selogiri juga aktif mencari informasi lowongan pekerjaan ke Dinas Tenaga Kerja. Bahkan ada beberapa warga Selogiri yang sudah berangkat sebagai TKI. “Dari Selogiri pun juga ada yang berangkat ke luar negeri, kami ada datanya, karena kalau mau ke luar negeri kan rekomendasinya dari dinas,” pungkanya.

Urut dari kanan, Ristanti (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri), Eko S. (Kepala Desa Jaten), Toto Tri Mulyarto (Sekcam selogiri)

Bicara soal kerja di luar negeri, tentu ada beberapa kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang harus terpenuhi, salah satunya adalah attitude (sikap). Dalam pasar kerja,  attitude tentu memberikan kontribusi besar bagi pelamar kerja. Selain disiplin kerja, perusahan besar diluar negeri seperti Jepang dan Korea juga mempertimbangkan attitude pekerjanya. “Attitude pekerja menjadi pertimbangan bagi perusahan diluar negeri,” terang  Ristanti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri, saat membuka Sosialisasi Peluang, Mekanisme dan Prosedur Kerja Tahun 2018. Sosialisasi selama hampir 3 jam tersebut juga mengupas banyak tentang magang ke Jepang dan Korea dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten.

Panitia saat membagikan brosur informasi pasar kerja

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (30 Kunjungan)
  • Kemarin (41 Kunjungan)
  • Total (11334 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu