Skip to main content

Camat Selogiri Hadiri Pendidikan Politik Di Desa Gemantar


Desa Gemantar mendapat jatah pendidikan politik masyarakat dalam Pilkada 2018. Kegiatan yang diadakan oleh Kesbangpol Kabupaten Wonogiri tersebut berlangsung pada hari Rabu (11/4/2018), di Balai Desa Gemantar. Peserta terdiri dari aparatur pemerintah desa, dan komponen masyarakat Desa Gemantar. Sosialisasi pendidikan politik yang diikuti 100 peserta tersebut mengambil tema Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Rangka Pilkada Serentak 2018. Kegitan serupa sebelumnya juga pernah dilaksanakan di Ruang Girimanik Setda kabupaten Wonogiri, pada Februari lalu.

Camat Selogiri, Sigit Purwanto sangat berterima kasih dengan diadakanya pendidikan politik di Kecamata Selogiri. Ia berharap agar sosialisasi semacam ini bisa dilaksanakan di 10 desa dan 1 kelurahan dalam wilayah kerjanya. “Saat ini kita mendapatkan pencerahan politik, cuma sayangnya satu kecamatan kita hanya dapat satu desa, harapan kita kalau ini bisa menyebar ke sebelas desa dan kelurahan pasti akan luar biasa,” ungkap Sigit, saat menyampaikan sambutanya pada acara sosialisasi pendidikan politik di Balai Desa Gemantar, Rabu (11/4/2018). Menurutnya, pendidikan politik memberikan pemahaman yang seutuhnya tentang hak, kewajiban dan tanggunjawab kepada semua sebagai warga negara. Dirinya juga menghimbau kepada peserta untuk mengikuti sosialisasi pendidikan politik sampai selesai, agar tercipta pemahaman politik yang jelas. “Mari kita ikuti kegiatan hari ini sampai akhir, kita akan mendapatkan pengetahuan tentang politik, agar pemahaman politik kita benar-benar jelas,” imbuh Sigit, di depan 100 peserta sosialisasi pendidikan politik.

Terkait penggunaan hak pilih oleh masyarakat pada Pilkada mendatang juga sempat disinggungnya. Camat menegaskan, bahwa masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya dipastikan harus sudah melakukan rekam e-KTP. Untuk mengantisipasi beberapa warganya yang belum rekam e-KTP, pihaknya telah melakukan pemberitahuan ke warga melalui desa masing-masing untuk melakukan rekam e-KTP ke Kantor Kecamatan Selogiri. Bahkan, dalam waktu dekat ia berencana akan memerintahkan sejumlah petugas untuk memfasilitasi warga unntuk rekam e-KTP ke masing-masing desa/kelurahan. Menurutnya masih ada ± 171 warga yang belum melakukan rekam e-KTP. Upaya yang dilakukan semata-mata agar tidak terjadi permasalahan terkait penggunaan hak pilih dalam Pilkada yang akan datang.

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (16 Kunjungan)
  • Kemarin (27 Kunjungan)
  • Total (8455 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu