Skip to main content

Sambut Ramadhan, Ratusan Santri Di Kecamatan Selogiri Ikuti Pawai Ta’aruf


Ratusan santri mendadak padati Balai Desa Jendi, pada hari Minggu (13/5/2018). Sejak pagi, santri dari 10 desa/kelurahan di Kecamatan Selogiri melakukan sejumlah persiapan dalam rangka mengikuti Pawai Ta’aruf Menyambut Ramadhan 1439 Hijriyah. Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut bertajuk “Dengan Semangat Ramadhan Kita Ciptakan Generasi Islami”. “Kegiatan ini sebagai pengingat bagi masyarakat bahwa bulan ramadhan sebentar lagi akan tiba, maka dari itu mari kita bersama-sama menata hati untuk menyambut bulan ramadhan,” ucap Sekcam Selogiri, Toto Tri Mulyarto dalam sambutanya diawal acara Pawai Ta’aruf di Balai Desa Jendi.

Keceriaan tergambar diwajah para santri dan pembimbingnya yang sebagian besar membawa atribut pawai. Siswi SMPN 2 Selogiri, Putri  bersama puluhan temanya yang tergabung dalam Remaja Masjid  Dusun Gritan, merasa senang bisa mengikuti kegiatan Pawai Ta’aruf Menyambut Ramadhan. Hal yang sama juga dirasakan oleh guru TPQ asal Desa Pule, Wiyoto. Dirinya merasa bahagia bisa berpartisipasi dalam kegiatan tersebut bersama murid-muridnya. Meskipun, kegiatan menyambut bulan ramadhan semacam ini baru ia ikuti 1 kali ini Selama 2 tahun terakhir aktif mengajar. “Perasaan saya bahagia, karena melihat anak-anak merasa senang jadi kami juga ikut senang, semarak menyambut bulan ramadhan jadi lebih kelihatan kalau seperti ini” ungkapnya. Wiyoto juga berharap, tahun depan bisa diagendakan lagi dengan kegiatan serupa. Hanya saja, lanjut Wiyoto, waktu pelaksanaanya agar dibuat lebih pagi supaya anak-anak tidak kepanasan.

Suasana meriah Pawai Ta’aruf Menyambut Ramadhan 1439 Hijriyah juga dirasakan oleh Agus. Pembimbing TPQ Ulul Albab dari Dusun Susukan Desa Pare tersebut mengakui bahwa dari beberapa kegiatan serupa yang pernah ia ikuti di Kecamatan Selogiri, pawai kali ini termasuk yang paling meriah. “Ini pesertanya paling banyak dan paling meriah,” tandas pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan pawai yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi (Badko) TPQ Kecamatan Selogiri tersebut diikuti ±600 santri. Diawali dari Balai Desa Jendi, kegiatan mengambil finish di Balai Desa Pule. Menurut Kepala Desa Jendi,  Suharni, kegiatan pawai di Desa Jendi ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya pernah diadakan pada tahun 2015. Namun diakuinya ini yang paling meriah. Kades Jendi berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap menjelang bulan ramadhan. Baginya, berbagai kegiatan yang telah diupayakan oleh Badko Kecamatan Selogiri, khususnya  Pawai Ta’aruf Menyambut Ramadhan 1439 Hijriyah kali ini bisa membangun moral anak-anak.

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (16 Kunjungan)
  • Kemarin (27 Kunjungan)
  • Total (8455 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu