Skip to main content

Penyerahan Piala Dalam Resepsi HUT Ke 73 Kemerdekaan RI di Selogiri


Malam resepsi dalam rangka Hari Ulang Tahun Ke 73 Kemerdekaan RI sukses digelar pada hari Senin (20/8/2018). Bertempat di Pendopo Kecamatan Selogiri, kegiatan tersebut dihadiri masyarakat dari 11 desa / kelurahan. Puluhan penari dari sanggar tari Sahwahita menunjukan kebolehannya diawal acara. Seakan tak mau ketinggalan dalam aksinya, sekelompok murid SDN Tekaran 1 juga menampilkan kepiwaiannya dalam menari.

Resepsi yang dihadiri Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri, Bambang Sadriyanto tersebut merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan HUT Ke 73 Kemerdekaan RI di Kecamatan Selogiri. Berbagai pertandingan cabang olahraga hingga bermacam lomba menjadi bagian dari kegiatan memperingati hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia tersebut.

Malam itu juga dimanfaatkan oleh Panitia untuk mengumumkan sekaligus menyerahkan piala bagi para pemenang pertandingan dan lomba. Pertandingan sepak bola dimenangkan kesebelasan Desa Jendi, disusul Kaliancar dan Nambangan.

Untuk cabang bola voli, juara 1 diraih oleh Kelurahan Kaliancar, juara 2 Desa Jaten, dan juara 3 Desa Sendangijo. Bulu tangkis dimenangi Desa Pare, disusul Desa Pule, kemudian Desa Jendi. Selain itu, Desa Jendi juga berhasil mendapatkan juara 1 di cabang tenis meja. Kelurahan Kaliancar raih juara 2, dan Desa Singodutan menduduki juara 3. Lomba dalam rangka HUT RI kali ini terbilang komplit. Terbukti dengan adanya lomba masakan tradisional dan lomba poskamling.

Ada yang menarik pada kegiatan HUT tahun ini. Pasalnya, warga juga berkesempatan mengikuti lomba yang mengusung tema seni budaya. Lomba kothek’an lesung misalnya. 12 peserta yang berasal dari desa/kelurahan dan Gabungan Instansi Selogiri (GIS) berkompetisi dalam memainkan alat musik tradisional, lesung.

Lesung adalah alat tradisional yang dulunya digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk memisahkan antara kulit padi dan isinya secara mekanik untuk menjadi beras. Harmonisasi tabuhan lesung bisa menghasilkan irama musik yang semarak. GIS merupakan pemenang lomba kothek’an lesung.

Dengan mengenakan pakaian tokoh pewayangan, keahliannya dalam memainkan gejug lusung menjadi suguhan yang menarik. Tak hanya itu, Keloran yang menjadi pemenang lomba thretek juga ditampilkan disela-sela resepsi.

Pengumuman

Statik Pengunjung

  • Hari Ini (30 Kunjungan)
  • Kemarin (41 Kunjungan)
  • Total (11334 Kunjungan)

Data Polling

Menurut pengunjung, apakah isi website ini bersifat informatif ?

  • Ya
  • Cukup
  • Tidak
  • Tidak Tahu